INTERAKSI
MANUSIA DAN KOMPUTER
1.
GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)
Adalah tipe antar muka yang merupakan interaksi antar
pengguna dan sistem operasi mengunakan grafik. Contoh dari GUI adalah Visual
Basic, Visual Studio, Delphi. Tujuan dari user interface adalah
mengkomunikasikan fitur-fitur sistem agar user mengerti dan dapat menggunakan
sistem tersebut. Penggunaan grafis sistem operasi windows adalah GDI (Graphics Device Interface).
Grafis ditentukan oleh komposisi gambar pada screen.
Sistem koordinat merupakan letak objek gambar di
monitor. Sistem koordinat pada windowa terdiri dari :
a.
Koordinat
Fisik : Dipakai oleh peralatan fisik
contohnya layar monitor. Kiri atas adalah sumbu (x), menuju kanan ke sumbu (y),
dari pusat kebawah adalah sumbu (x,y) dan standar awal adalah (0,0).
b.
Koorninat
Logika : Dipakai dalam program windows memetakan sistem koordinat logika dalam
program ke koordinat fisik.
Pewarnaan yang
kombinasi dan serasi akan menghasilkan tampilan objek yang lebih menarik. Warna
dasar/primer adalah merah, hijau, biru, sedangkan warna sekunder adalah
perpaduan dari warna primer (0-225). Windows menangani jumlah warna maksimal
256x256x256=16777216/16,8 juta warna.
Membuat garis dapat dilakukan dengan cara mengklik
ikon line pada toolbox. Jenis garis antara lain garis solid, dash, dash-dot,
dash-dot dot, In side solid.
2.
ASPEK ERGONOMIK
Aspek ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang
mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan
efeksitas kerja. Argo berarti kerja, nomos berarti aturan/kaidah. Aspek yang
berhubungan dengan ergonomic yaitu :
a.
Pengukuran
dan antromometrik
b.
Aspek
ergonomik dalam stasiun kerja
c.
Suhu
dan kualitas udara
d.
Gangguan
suara
e.
Kesehatan
dan keamanan kerja basis evaluasi bagi kesehatan (meningkatkan keselamatan
kerja dari bahaya cidera dan penyakit akibat kerja.
3.
PEMBUATAN KOMPONEN ANTARMUKA GRAFIS
Komponen antarmuka grafis adalah bentuk tampilan yang
dipakai pada paket program aplikasi (teks/grafik). Contohnya tombol tekan, spin
box.list box, combo box, tombol radio, check box, label box.
a.
Tombiol
tekan mengaktifkan suatu proses atau melanjutkan suatu peruses
b.
Spin
box mengatur nilai suatu peubah (numerik) dengan menambah atau mengurangi
nilai. Panah atas tambah, panah bawah mengurangi. Spin box atas menampilakan
nilai peubah (kotak putih). Pengontrol nilai (panah atas bawah)
c.
List
box menampilkan sejumlah pilihan yang dapat dipilih (scroolbar)
d.
Combo
box menampilkan sejumlah pilihan yang dapat di pilih bebas. Combination
(pilihan). Perbedaan combo box dan listbox adalah combo box pilihannya langsung
terlihat sedangkan listbox menekan control terlebih dahulu, combo box mengetik
pilihan yang tersedia sedangkan list box memilih pilihan yang tersedia.
e.
Check
box memilaih satu atau lebih pilihan dalam satu kelompok
f.
Radio
button adalah tombol ON/OFF, pengendali (lingkaran kecil), label (menunjuk
atribut). Persamaan radio button dan
check box adalah menampilkan sejumlah pilihan yang akkan dipilih, tidak
mempengaruhi satu sama lain, struktur data sama.
g.
Label
box member komentar atau nama pada komponen.
4.
MENDESAIN WINDOWS
Windows adalah area persegi empat pada layar,
menampilkan program/data/info. Jenis windows antara lain dokumen windows,
aplikation windows, utility windows, dialogs and alerts. Mendesain windows
antara lain mensdesain title, border and windows command, modality, focus.
Modality (windows melarang user berinteraksi dengan
windows lain dalam satu aplikasi yang sama). Focus ( menentukan windows mana
yang harus menerima data dari keybard. Mouse atau device input), mekanisme
(click to focus, keyboard focus), primary windows (mempresentasi data user),
hubungan dengan dokumen dan windows (SDI, CSDI, MDI).
Mendesain utility windows antara lain instanst apply
(mengijinkan user mengubah nilai atau setting), explicit apply (merubah nilai
secara eksplisit), property windows (melihat atau mengubah karakteristik
objek), preference windows (memodifikasi tampilan windows), toolboxs (mengakses
sekumpulan aksi atau toogle dalam toolbar).
Mendesain alerts merupakan menyediakan informasi
tentang keadaan sisrtem aplikasi atau menanyakan informasi penting tentang
proses selanjutnya dari teks. Mendesain dialog boxes merupakan menyediakan
ppertukaran informasi atau dialog antar user dan aplikasi.
5.
ANALISA MENGENAI ANTARMUKA, DESAIN LAYAR, USABILITAS
IMK BERBASIS WEB
Antarmuka merupakan bagian sistem komputer yang
memungkinkan manusia berinteraksi dengan computer. Desain antarmuka yang baik
memiliki karakterisrik standardisasi, integrasi, konsistensi, prtabilitas.
Tujuan antarmuka (user interface) adalah membuat interaksi yang baik dan
menyenangkan. Hal yang menyebabkan menurunnya tingkat usabilitas antarmuka
antara lain :
a. Teks belum jelas dan pemilihan kata tidaktepat
b. Grafis tidak tepat (user penting tersembunyi)
c. Judul tidak representatif
d. Permintaan informasi tidak penting
e. Layout tidak terstruktur dan tidak terarah
Desain
layar berasal dari kata kerja “Desain” yang berarti proses membuat dan
menciptakan objek baru, kata benda “Desain” yang berarti hasil akhir dari
proses kreatif. Desain juga berarti sebagai pola rancangan yang menjadi dasar
pembuatan benda.
Pengertian
usability adalah menandakan orang dapat mempekerjakan alat tertentu dengan
mudah dalam mencapai tujuan. Metode usability kerapian atau efisiensi objek
antara lain learnobility, efficiency, memorability, errors, satisfaction.
Assalamualaikum
BalasHapussenang sekali saya bisa menulis kisah nyata kami
dan berbagi kepada teman-teman disini.
Meski hidup dalam keprihatinan, karena hanya mengandalkan penghasilan dari jual gorengan, namun rumah tangga kami terbilang harmonis. Jika berselisih paham, kami selalu menempuh jalan musyawarah. Hal itu wajib kami terapkan untuk menutupi aib dan segala bentuk kekurangan yang ada dalam rumah tangga kami agar tidak terdengar oleh orang luar. Karena begitulah pesan dari para orang tua kami.
Hari demi hari aku habiskan hanya untuk bekerja dan bekerja. Hal itu aku lakukan, selain sadar akan tanggung jawabku sebagai orang tua , juga ingin menggapai harapan dan cita cita. Yah, mungkin dengan begitu ekonomi keluargaku dapat berubah dan aku bisa menyisihkan sedikit uang penghasilanku itu untuk masa depan anak-anakku dikemudian hari. Namun semua itu menjadi sirna.
Selanjutnya kami pun melangkah untuk mencobanya minta bantuan melalui dana gaib tanpa tumbal,alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan.
Jalan ini akan mengubah kemiskinan menjadi limpahan kekayaan secara halal dan tidak merugikan orang lain.
Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami,
saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami.
Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
hubungi
Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
Supaya lebih jelas kunjungi blog
~~~KLIK DISINI~~~