Sabtu, 31 Desember 2016

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
1.        GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI)
Adalah tipe antar muka yang merupakan interaksi antar pengguna dan sistem operasi mengunakan grafik. Contoh dari GUI adalah Visual Basic, Visual Studio, Delphi. Tujuan dari user interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem agar user mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Penggunaan grafis sistem operasi windows  adalah GDI (Graphics Device Interface). Grafis ditentukan oleh komposisi gambar pada screen.
Sistem koordinat merupakan letak objek gambar di monitor. Sistem koordinat pada windowa terdiri dari :
a.    Koordinat Fisik  : Dipakai oleh peralatan fisik contohnya layar monitor. Kiri atas adalah sumbu (x), menuju kanan ke sumbu (y), dari pusat kebawah adalah sumbu (x,y) dan standar awal adalah (0,0).
b.    Koorninat Logika : Dipakai dalam program windows memetakan sistem koordinat logika dalam program  ke koordinat fisik.
Pewarnaan yang kombinasi dan serasi akan menghasilkan tampilan objek yang lebih menarik. Warna dasar/primer adalah merah, hijau, biru, sedangkan warna sekunder adalah perpaduan dari warna primer (0-225). Windows menangani jumlah warna maksimal 256x256x256=16777216/16,8 juta warna.
Membuat garis dapat dilakukan dengan cara mengklik ikon line pada toolbox. Jenis garis antara lain garis solid, dash, dash-dot, dash-dot dot, In side solid.
2.        ASPEK ERGONOMIK
Aspek ergonomik adalah faktor kenyamanan kerja yang mempunyai pengaruh nyata dalam hal peningkatan maupun penurunan efisiensi dan efeksitas kerja. Argo berarti kerja, nomos berarti aturan/kaidah. Aspek yang berhubungan dengan ergonomic yaitu :
a.    Pengukuran dan antromometrik
b.    Aspek ergonomik dalam stasiun kerja
c.    Suhu dan kualitas udara
d.   Gangguan suara
e.    Kesehatan dan keamanan kerja basis evaluasi bagi kesehatan (meningkatkan keselamatan kerja dari bahaya cidera dan penyakit akibat kerja.
3.        PEMBUATAN KOMPONEN ANTARMUKA GRAFIS
Komponen antarmuka grafis adalah bentuk tampilan yang dipakai pada paket program aplikasi (teks/grafik). Contohnya tombol tekan, spin box.list box, combo box, tombol radio, check box, label box.
a.    Tombiol tekan mengaktifkan suatu proses atau melanjutkan suatu peruses
b.    Spin box mengatur nilai suatu peubah (numerik) dengan menambah atau mengurangi nilai. Panah atas tambah, panah bawah mengurangi. Spin box atas menampilakan nilai peubah (kotak putih). Pengontrol nilai (panah atas bawah)
c.    List box menampilkan sejumlah pilihan yang dapat dipilih (scroolbar)
d.   Combo box menampilkan sejumlah pilihan yang dapat di pilih bebas. Combination (pilihan). Perbedaan combo box dan listbox adalah combo box pilihannya langsung terlihat sedangkan listbox menekan control terlebih dahulu, combo box mengetik pilihan yang tersedia sedangkan list box memilih pilihan yang tersedia.
e.    Check box memilaih satu atau lebih pilihan dalam satu kelompok
f.     Radio button adalah tombol ON/OFF, pengendali (lingkaran kecil), label (menunjuk atribut). Persamaan radio button  dan check box adalah menampilkan sejumlah pilihan yang akkan dipilih, tidak mempengaruhi satu sama lain, struktur data sama.
g.    Label box member komentar atau nama pada komponen.
4.        MENDESAIN WINDOWS
Windows adalah area persegi empat pada layar, menampilkan program/data/info. Jenis windows antara lain dokumen windows, aplikation windows, utility windows, dialogs and alerts. Mendesain windows antara lain mensdesain title, border and windows command, modality, focus.
Modality (windows melarang user berinteraksi dengan windows lain dalam satu aplikasi yang sama). Focus ( menentukan windows mana yang harus menerima data dari keybard. Mouse atau device input), mekanisme (click to focus, keyboard focus), primary windows (mempresentasi data user), hubungan dengan dokumen dan windows (SDI, CSDI, MDI).
Mendesain utility windows antara lain instanst apply (mengijinkan user mengubah nilai atau setting), explicit apply (merubah nilai secara eksplisit), property windows (melihat atau mengubah karakteristik objek), preference windows (memodifikasi tampilan windows), toolboxs (mengakses sekumpulan aksi atau toogle dalam toolbar).
Mendesain alerts merupakan menyediakan informasi tentang keadaan sisrtem aplikasi atau menanyakan informasi penting tentang proses selanjutnya dari teks. Mendesain dialog boxes merupakan menyediakan ppertukaran informasi atau dialog antar user dan aplikasi.
5.        ANALISA MENGENAI ANTARMUKA, DESAIN LAYAR, USABILITAS IMK BERBASIS WEB
Antarmuka merupakan bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan computer. Desain antarmuka yang baik memiliki karakterisrik standardisasi, integrasi, konsistensi, prtabilitas. Tujuan antarmuka (user interface) adalah membuat interaksi yang baik dan menyenangkan. Hal yang menyebabkan menurunnya tingkat usabilitas antarmuka antara lain :
a.       Teks belum jelas dan pemilihan kata tidaktepat
b.      Grafis tidak tepat (user penting tersembunyi)
c.       Judul tidak representatif
d.      Permintaan informasi tidak penting
e.       Layout tidak terstruktur dan tidak terarah
Desain layar berasal dari kata kerja “Desain” yang berarti proses membuat dan menciptakan objek baru, kata benda “Desain” yang berarti hasil akhir dari proses kreatif. Desain juga berarti sebagai pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan benda.
Pengertian usability adalah menandakan orang dapat mempekerjakan alat tertentu dengan mudah dalam mencapai tujuan. Metode usability kerapian atau efisiensi objek antara lain learnobility, efficiency, memorability, errors, satisfaction.

1 komentar:

  1. Assalamualaikum
    senang sekali saya bisa menulis kisah nyata kami
    dan berbagi kepada teman-teman disini.

    Meski hidup dalam keprihatinan, karena hanya mengandalkan penghasilan dari jual gorengan, namun rumah tangga kami terbilang harmonis. Jika berselisih paham, kami selalu menempuh jalan musyawarah. Hal itu wajib kami terapkan untuk menutupi aib dan segala bentuk kekurangan yang ada dalam rumah tangga kami agar tidak terdengar oleh orang luar. Karena begitulah pesan dari para orang tua kami.

    Hari demi hari aku habiskan hanya untuk bekerja dan bekerja. Hal itu aku lakukan, selain sadar akan tanggung jawabku sebagai orang tua , juga ingin menggapai harapan dan cita cita. Yah, mungkin dengan begitu ekonomi keluargaku dapat berubah dan aku bisa menyisihkan sedikit uang penghasilanku itu untuk masa depan anak-anakku dikemudian hari. Namun semua itu menjadi sirna.

    Selanjutnya kami pun melangkah untuk mencobanya minta bantuan melalui dana gaib tanpa tumbal,alhamdulillah dalam proses 1 hari 1 malam kami bisa menbuktikan.

    Jalan ini akan mengubah kemiskinan menjadi limpahan kekayaan secara halal dan tidak merugikan orang lain.

    Alhamdulillah semoga atas bantuan ki witjaksono terbalaskan melebihi rasa syukur kami,
    saat ini karna bantuan aki sangat berarti bagi keluarga kami.
    Bagi saudara-saudaraku yg butuh pertolongan silahkan
    hubungi
    Ki Witjaksono di:0852-2223-1459
    Supaya lebih jelas kunjungi blog
    ~~~KLIK DISINI~~~

    BalasHapus